• Uncategorized
  • 1

Fiber Optik

FIBER OPTIK DAN KOMPONEN PENGHUBUNGNYA

Berdasatkan pengamatan di event ICT EXPO & ANJA yang dilaksanakan pada 19-21 oktober 2016 di Telkom University Convention Hall di stand Telkom Akses saya mendapatkan informasi mengenai Fiber Optik.diantaranya:

 

Pengertian Fiber Optik

kabel fiber optic

Pengertian Fiber Optik adalah sebuah Teknologi kabel yang menggunakan benang (serat) kaca atau plastik) mengirimkan data. Kabel Fiber optic terdiri dari seikat benang kaca, yang masing-masing mampu mentransmisi pesan modulasi ke gelombang cahaya. serat  kaca  biasanya memiliki diameter sekitar 120 mikrometer dengan yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain hingga jarak 50km tanpa menggunakan repeater. Sinyal-sinyal gelombang dapat berupa pengkodean komunikasi suara atau data komputer.

Komunikasi Fiber optic tergantung pada prinsip cahaya pada medium kaca dapat Dapat membawa informasi lebih banyak dan jarak yang jauh dibanding sinyal listrik yang dibawa oleh media tembaga atau koaksial. Kemurnian serat kaca digabungkan  dengan sistem elektronik yang maju memungkinkan serat terlebih mengirimkan sinyal cahaya digital  melampaui jarak 100 km tanpa alat penguat. Fiber optik merupakan media transmisi yang ideal dengan sedikit transmisi loss, gangguan rendah dan potensi bandwidth yang tinggi.

Optical Time-Domain Reflectometer (OTDR)

Optical Time-Domain Reflectometer atau biasa disingkat menjadi OTDR, merupakan suatu peralatan optoelektronik yang digunakan untuk mengukur parameter-parameter seperti pelemahan (attenuation), panjang, kehilangan pencerai dan penyambung, dalam sistem telekomunikasi serat optik. OTDR pada dasarnya terdiri dari satu sumber optik dan satu penerima (receiver), modul akuisisi data, CPU, media penyimpanan data, dan layar monitor.

OPTICAL POWER METER

Alat ini berfungsi untuk mengetahui daya dari signal cahaya yang masuk. OPM memiliki interface FC yang berhubungan dengan kabel pathcore FC.

OPTICAL FIBER IDENTIFIER

Seperti yang telah penulis jelaskan sebelumya, fungsi Optical Fiber Identifier (OFI) adalah untuk mengetahui arah signal dengan penunjuk arah dan besar daya yang di laluinya.

LED SOURCE

Pada perinsipnya, alat service ini berfungsi untuk memberikan signal kepada jalur yang akan di laluinya. Pada perinsipnya, alat service ini berfungsi untuk memberikan signal kepada jalur yang akan di laluinya. Seperti untuk mengukur redaman suatu jalur atau end to end dapat menggunakan light source (LS) sebagai pemberi signal dan OPM sebagai pengukur redamannya. Adapun unt mengetahui arah signal atau untuk mencari core yang eksisting diantara banyak core dapat menggunakan LS sebagai pemberi signal, dan OFI sebagai alat petunjuk arahnya.

sekian yang dapat saya tulis kan di blog ini,mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan terimakasih.

You may also like...

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *